Blogger Sosialita

Manusia adalah makhluk sosial. Demikianlah yang kita pelajari di pelajaran Sosiologi. Hakikat manusia sebagai makhluk sosial membuat manusia tidak akan mampu hidup sendiri. Karena itulah ada yang namanya proses sosialisasi. Di zaman kemajuan teknologi seperti sekarang, pola sosialisasi pun mengalami perubahan. Sekarang, seseorang tidak perlu lagi keluar rumah untuk bersosialisasi. Cukup dari rumah, sekolah, atau kantor, seseorang sudah bisa berinteraksi dengan orang lain melalui berbagai macam situs social media di internet seperti Facebook atau Twitter.

Lantas, bagaimana dengan blogger? Perlukah blogger bersosialisasi juga? Mengingat blogger juga manusia, jawabannya jelas iya. Tapi, selain melalui Facebook atau Twitter, blogger juga perlu bersosialisasi melalui komunitas blogger. Apa itu? Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Komunitas ini biasanya sering mengadakan kegiatan bersama, seperti misalnya kopi darat atau workshop tentang blogging.

Melalui komunitas blogger ini kita bisa mendapat banyak manfaat. Selain menambah teman dan sekaligus bisa membantu meningkatkan traffic blog kita, lewat komunitas ini kita bisa banyak berbagi atau bertukar informasi dengan blogger lain, baik itu informasi seputar tips dan trik blogging, info-info situs yang menarik, maupun info tentang sesuatu hal yang tidak ada hubungannya dengan blogging.

Di Surabaya sendiri ada berbagai macam komunitas, namun, salah satu yang cukup terkenal adalah TuguPahlawan.Com atau lazim disebut TPC. Terbentuk mulai tanggal 10 November 2007, komunitas yang menyebut anggotanya The Heroes ini bertujuan untuk mewadahi blogger Surabaya maupun masyarakat umum yang ingin saling bertukar informasi tentang kota Surabaya sambil terus memasyarakatkan blog kepada para warganya.

Yak opo? Arek Suroboyo a? Duwe blog? Yo wis gak usah kakean mikir maneh, ayo ndang gabung nang TuguPahlawan.Com!(*)

Iklan
Blogger Sosialita

6 pemikiran pada “Blogger Sosialita

    1. haha… itu lagi ikut lomba blog oom. itu bukan rajin menulis namanya, tapi kejar setoran. hehehe…

      Alhamdulillah. walaupun wkt mngerjakannya lebih mementingkan kuantitas drpd kualitas, kmrn dpt juara juga.

      Suka

      1. Selamat ya kalau begitu. Kalau saya setorannya sebulan jangan sampai terlewatkan biarpun cuma satu postingan. Ini juga harus cari kesempatan menyetor untuk bulan ini.
        Kalau bisa jangan dulu panggil saya Om, dengan penjelasan seperti yang saya kemukakan dalam postingan ini:
        http://rahmanwahyu.wordpress.com/2010/05/08/37-persepsi-8-jangan-dulu-panggil-saya-om-dan-pak/
        tapi kalau membandel, baca saja postingan saya yang menyusul:
        http://rahmanwahyu.wordpress.com/2010/05/18/38-persepsi-9-terserah-mau-panggil-saya-om-dan-pak-atau-apa-saja/

        Suka

        1. kalau sy postingan sekenanya aja bang (kalau abang masalah nggak?), tergantung mood. kadang lebih dari sebulan bisa nggak nulis apa2 meskipun sebenarnya ide udah numpuk di kepala. yah, begini ini sebenarnya cntoh blogger yang kurang baik, angin-anginan. hehehe…

          semoga kedepan bisa lebih baik lagi deh.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s