Awas, Yang Gratis Tidak Selamanya Gratis!

Apakah Anda juga seorang pengguna fasilitas blog gratisan seperti saya? Kalau begitu Anda, dan saya, perlu waspada karena belum tentu yang gratis akan selamanya gratis. Simak saja kisah GeoCities, fasilitas blog gratisan dari Yahoo! Yang berapa tahun lalu akhirnya ditutup. Akibat kejadian itu, banyak blogger yang kehilangan blognya. Kalau dalam kehidupan nyata, seperti orang yang digusur rumahnya. Meskipun sampai saat ini WordPress masih adem ayem, resiko itu toh tetap ada dan mengancam kita.

Lantas, bagaimana solusinya? Pak Santoso, pemilik PT. Otak Kanan, menjelaskan bahwa yang paling aman adalah dengan memiliki domain dan hosting sendiri, tidak nunut di penyedia fasilitas blog gratisan. Langkah ini menurutnya adalah yang paling tepat. Apalagi, saat ini harga domain dan sewa hosting sudah tidak mahal lagi. “Sekarang seratus ribu saja sudah dapat domain kan,” tuturnya.

Tunggu, sebelum melangkah lebih jauh lagi, mungkin ada yang masih belum paham tentang istilah domain dan hosting. Oke, kita bahas dulu secara singkat ya. Mudahnya begini, kalau dalam kehidupan nyata kita tahu yang namanya tanah. Di atas tanah itulah nantinya kita mendirikan bangunan. Bangunan yang kita bangun tersebut pastinya punya alamat dong agar mudah dicari. Nah, kalau dalam dunia internet nih, tanah itu bisa diassosiasikan sebagai hosting, lalu bangunan sebagai blog/website kita, dan alamat adalah domain yang kita miliki. Bagaimana? Sudah paham? Sebeum lanjut, liat dulu deh video tentang domain ini:

Sebelum mulai memutuskan untuk membeli domain, Pak Santoso memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan. Tips tersebut antara lain:

–         Sebelum menentukan nama domain, lebih baik kita tahu dulu keinginan kita, mau dikenal seperti apa website kita nantinya. Apakah mau menggunakan nama kita sendiri, atau menggunakan nama maupun istilah-istilah yang unik

–         Kalau bisa, pilihlah domain yang pendek, jadi mudah diingat

–         Gunakanlah frase yang umum. Selain memudahkan untuk diingat, nama-nama yang umum juga akan mudah keluar di mesin pencari (Google, Yahoo!, dll.). Pak Santoso memberi beberapa contoh domain yang umum seperti misalnya desainweb.com, desainlogo.com, dsb.

Kalau sudah mempertimbangkan hal-hal di atas, baru kita bisa menentukan nama domain apa yang cocok kita pakai. Sudah menemukan nama domain yang cocok tapi ternyata sudah diambil orang? Jangan khawatir. Coba saja cari ekstensi yang lain. Misalnya, domain yang kamu inginkan, www.ikanbakar.com, sudah diambil orang, kamu bisa coba memakai www.ikanbakar.net atau www.ikanbakar.info. Jadi, kamu bisa tetap memakai nama domain yang kamu inginkan, bahkan harganya lebih murah. Memang sih, biasanya orang lebih mudah ingat domain yang berekstensi “.com”. Tapi, itu tidak masalah asalkan kamu bisa mempromosikan blogmu dengan baik.

Oh iya, satu hal yang perlu diwaspadai juga untuk urusan domain ini adalah masalah domain yang dipelesetkan. Hah, apaan lagi tuh? Domain yang dipelesetkan adalah domain yang hampir mirip dengan domain yang lain. Contohnya clickbca.com dengan clickabc.com. Biasanya pemilik domain yang pelesetan tersebut memanfaatkan kesalahan orang dalam mengetikkan alamat domain. Tujuannya bisa macam-macam, salah satunya untuk memperoleh traffic dengan mudah. Untuk hal ini, Pak Santoso memberikan tips tambahan, yakni dengan memilih domain yang unik dan kemungkinan salah ketiknya minim. Kalau perlu, nama domain yang mirip-mirip itu dibeli juga dan di-redirect ke domain aslinya. Misalnya Pak Santoso yang selain menggunakan domain otakkanan.com juga membeli domain otak-kanan.com untuk antisipasi agar orang tidak salah masuk website.

Nah, bagaimana? Sudah siap memiliki domain sendiri?(*)

Iklan
Awas, Yang Gratis Tidak Selamanya Gratis!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s