Kenalkan Diri ke Masyarakat, Himasika Gelar Berbagai Macam Kegiatan

Menjadikan Himasika ITS sebagai organisasi yang memiliki dasar keilmiahan dengan orientasi kedepan berupa pengabdian masyarakat.

Begitulah visi yang diusung oleh Julian Saputro, ketua Himpunan Mahasiswa Fisika (Himasika) ITS, untuk masa kepengurusannya tahun ini. Ditemui kemarin Jumat (21/01), Julian bercerita sedikit tentang organisasi yang dipimpinnya tersebut. Dengan masih mengenakan baju koko usai sholat Jumat, Julian bercerita bahwa tujuan akhir yang ingin ia capai bersama organisasi ini nantinya adalah agar mahasiswa Fisika ITS nantinya mampu terjun langsung dan berkontribusi kepada masyarakat melalui langkah-langkah yang bersifat keilmiahan, sesuai dengan latar belakang mereka di bidang sains.

Pengabdian masyarakat memang menjadi perhatian utama bagi Julian. Dia menilai bahwa selama ini kiprah jurusan Fisika sendiri masih kurang begitu dikenal di masyarakat. “Kalau di (jurusan) Fisika, penelitian internal memang banyak, tapi untuk yang keluar masih kurang sekali,” tutur pemuda asal Bekasi ini. Penilaian inilah yang kemudian mendasarinya untuk membuat program-program kerja yang nantinya dapat lebih mengenalkan jurusan Fisika, khususnya ITS, kepada masyarakat luar.

Beberapa program yang dicanangkannya untuk mendukung visi tersebut antara lain program sukses PKM dan juga Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret 2011 nanti. Kegiatan-kegiatan ini selain diharapkan mampu mendongkrak pamor jurusan Fisika, juga mampu memberikan nilai lebih kepada masyarakat.

Selain kepada masyarakat, Julian juga ingin meningkatkan citra jurusan Fisika dimata para pelajar dan juga mahasiswa lainnya. Hal tersebut berusaha diwujudkannya melalui beberapa kegiatan Himasika. Salah satunya, seperti yang kita tahu, adalah Physics Blog Competition yang sekarang sedang berlangsung sampai tanggal 23 Januari mendatang dan membidik kalangan pelajar SMA dan juga mahasiswa. “Kita ingin menunjukkan bahwa mahasiswa Fisika itu tidak hanya berkutat dengan rumus, tapi juga bisa yang lain, misalnya masalah IT,” terang mahasiswa angkatan 2008 ini saat ditanya mengenai alasan penyelenggaraan lomba blog yang tahun ini diikuti oleh 86 peserta tersebut.

Melalui kegiatan yang berjalan sejak tahun 2010 tersebut, Julian berharap dapat menghimpun para mahasiswa, khususnya di ITS, yang memiliki minat terhadap blog. Julian yang mempunyai blog tapi mengaku bukan seorang blogger ini menginginkan nantinya setelah acara ini usai, para peserta dapat berkomunikasi lebih lanjut dan membentuk komunitas blogger yang setahu dia belum pernah ada di ITS.

Disamping lomba blog, dalam waktu dekat Himasika akan menggelar kegiatan yang diberi nama Gebyar Fisika 2011. Gelaran ini nantinya terdiri dari lima rangkaian acara, antara lain open laboratorium bagi siswa SMA, seminar nasional, olimpiade fisika SMA, olimpiade fisika SMP, dan juga Physics Colour Party. Acara yang terakhir disebut cukup unik. Berupa lomba mewarnai bagi anak TK, ajang tersebutlah yang nantinya akan digunakan oleh Himasika untuk mengenalkan fisika kepada anak-anak sejak dini. “Jadi nanti mereka kita kasih gambar-gambar tokoh fisika, misalnya Einstein atau Newton, untuk diwarnai,” ujar Julian. Selain itu, anak-anak tersebut akan diberi pengetahuan singkat tentang fisika melalui gambar-gambar dan media visual lainnya. Melalui cara-cara seperti ini, diharapkan anak-anak pun dapat mulai belajar mengenai fisika sejak dini. (*)

Iklan
Kenalkan Diri ke Masyarakat, Himasika Gelar Berbagai Macam Kegiatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s