#InternetBergizi – Duolingo

duolingo, start screen, good website, learning language site, learning spanish, learning france, learning german, free language learning, basic language learning

Hola! Como estas? Me llamo Fauzi. Estoy aprendiendo español en Duolingo. Mucho gusto 🙂

(Hello! How are you? My name is Fauzi. I’m studying Spanish on Duolingo. Nice to meet you.)

Selamat berjumpa di edisi perdana #InternetBergizi yang kali ini akan membahas tentang Duolingo, sebuah website yang paling sip dijadikan jujugan kalau agan-agan ingin belajar bahasa asing (bukan bahasa kalbu ya). Sebenarnya website ini sudah pernah saya bahas sedikit di postingan saya tentang belajar bahasa Spanyol. Tapi saya pengin ceritain lagi karena situs ini emang kece badai bets.

Awalnya saya tahu Duolingo ini dari sebuah artikel yang membahas tentang situs-situs internet yang bisa bikin tambah cerdas. Dan begitu mencoba, bisa dibilang saya langsung jatuh cinta pada pengalaman pertama. 🙂 Saking kepincutnya, saya sampai dengan suka-rela-tulus-ikhlas-tanpa-paksaan membagi-bagikan link website ini ke banyak teman saya di Facebook melalui pesan pribadi. Saya merasa senang terutama karena proses belajar di Duolingo benar-benar terasa mengasyikkan. Metodenya dibuat hampir menyerupai game, simpel tapi efektif dan menyenangkan. Desain serta user interface-nya pun dikemas dengan sangat menarik, unyu-unyu gimana gitu.

duolingo, start screen, learning language online, learning spanish, learning french, learning german, free language course
Tampilan halaman awal setelah log in. Ikon berwarna emas berarti levelnya sudah diselesaikan dan ingatan kosa katanya masih bagus.

Pada sesi log in yang pertama, setelah memilih bahasa yang ingin kita pelajari, kita diberi pilihan untuk mempelajarinya dari tingkat paling awal (basic) atau mengikuti tes sederhana untuk mengetahui telah seberapa jauh kemampuan kita. Saya waktu itu tentu saja memilih mulai dari nol. Saya merasa benar-benar terbantu, sebab saat memutuskan untuk mulai belajar bahasa Spanyol dulu, saya benar-benar tidak tahu harus mulai dari mana dan Duolingo mengenalkan kosa kata secara bertahap dengan digolongkan dalam beberapa kelompok kata (misalnya food, family, household, dsb.) Seiring dengan semakin tingginya level yang dicapai, kosa kata yang telah dipelajari di level-level sebelumnya tidak lantas hilang, malah masih sering diulang dan disertakan dengan berbagai variasi kalimat yang baru. Tak pelak, kata-kata tersebut semakin kuat “menancap” dalam ingatan kita. Selain kosa kata, aturan-aturan grammatikal juga mulai dikenalkan satu-persatu pada masing-masing kelompok kata.

Nah, setiap kali selesai menyelesaikan satu kelompok kata, kita bisa mendapat reward yang disebut Lingot. Lingot ini bisa digunakan untuk “membeli” beberapa skill tambahan di Duolingo. Lingot juga bisa didapatkan dengan cara mempertahankan streak selama 10 hari berturut-turut dan kelipatannya. Cara ini lumayan efektif untuk menjaga konsistensi belajar. Karena, begitu streak sudah agak tinggi sedikit, rasanya tuh jadi sayaaang banget kalau sampai harus terputus dan memulai hitungan dari nol. Alhasil, kita jadi termotivasi untuk rajin membuka Duolingo dan berlatih tiap hari. 🙂

duolingo, start screen, learning language online, learning spanish, learning french, learning german, free language course
Tampilan halaman exercise. Gambar di atas menunjukkan latihan listening.

Eh, Duolingo ini pilihan bahasanya banyak lho. Saya sih saat ini yang paling fokus memang belajar bahasa Spanyol. Tapi Duolingo menawarkan banyak sekali pilihan course bahasa asing, antara lain Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Belanda, Irlandia, Swedia, Denmark, serta beberapa bahasa lain yang masih dalam tahap penggodokan. Semua yang saya sebutkan tadi merupakan pilihan course untuk English speaker. Untuk penutur bahasa lain, pilihannya bisa berbeda-beda. Untuk penutur bahasa Indonesia sendiri course yang tersedia masih bahasa Inggris saja, itu pun masih versi beta. Namun, Duolingo masih akan terus berkembang lebih jauh lagi, apalagi ada program inkubator yang memungkinkan para bilinguist atau polyglot untuk berkontribusi dalam membantu mengembangkan course yang ada di Duolingo.

Omong-omong, biar makin meyakinkan, saya tambahkan lagi keterangan bahwa metode yang dipakai Duolingo ini sudah teruji secara klinis sekali lho. Dan bukan diuji oleh ITB dan IPB, melainkan oleh City University of New York dan University of South Carolina. Hasil studinya mengungkapkan kalau belajar bahasa asing menggunakan Duolingo selama 34 jam setara dengan belajar di universitas selama satu semester (11 minggu). Penghargaannya juga banyak. Ada iPhone App of the Year (2013), Google’s Best of the Best (2013), TechCrunch’s Best Education Startup (2014), dan Google’s Best of the Best (2014). Eh, iya, selain versi web, Duolingo juga bisa diunduh sebagai aplikasi untuk smartphone dan tersedia untuk sistem operasi iOS, Android, dan Windows Phone. Jadi makin enak belajar dari mana saja dan kapan saja.

Ah, udahlah. Pokoknya Duolingo ini juara banget. Titik. Wajib dicoba biar makin cas cis cus bahasa asing. Dan harap berhati-hati aja, karena derajat kekecean jadi berpotensi untuk meningkat tajam setelahnya. 😉

duolingo, start screen, learning language online, learning spanish, learning french, learning german, free language course
Tampilan aplikasi Duolingo di OS Windows Phone.

PS: Ini trivia yang agak kurang penting sebenarnya, tapi sekedar informasi, Ashton Kutcher merupakan salah satu investor di Duolingo. Iya, Ashton Kutcher yang aktor ganteng pasangannya Mila Kunis yang cantik gak ketulungan itu. Sekian.

Iklan
#InternetBergizi – Duolingo

4 pemikiran pada “#InternetBergizi – Duolingo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s